Tuesday, April 3, 2012

Pendidikan pada Anak

Pendidikan Anak : Pendidikan pada Anak

Pendidikan pada anak sangat perlu diperhatikan mengingat sebagai orang tua kita tentu menginginkan hal yang terbaik bagi anak kita. Tapi bagi orang tua yang tidak mengeti tentang dunia pendidikan akan mengesampingkan hal ini.

Beberapa kasus sering terjadi orang tua mengeksploitasi  anak-anak mereka untuk bekerja dan menghasilkan income bagi keluarga padahal anak terebut belum masuk usia kerja. Rendahnya pengetahuan orangt tua tentang pentingnya pendidikan pada anak adalah faktor utama yang menyebabkan hal ini terjadi. Kasus seperti ini paling banyak terjadi di daerah pedesaan, orang tua yang tidak mengetahui dan tidak pernah melalui bangku sekolah menganggap sekolah tidaklah penting tapi yang paling penting adalah bagaimana seorang anak bisa menghasilkan uang tanpa memperhitungkan akibat yang dapat ditimbulkan dari tindakan mereka.

Sebut saja orang tua yang pekerjaannya seorang nelayan atau petani akan mengajarkan kepada anak-anak mereka cara bertani dan melaut. Ketika anak-anak mereka sudah mengerti tentang cara bertani dan melaut pendidikan di bangku sekolah tidaklah penting karena mereka sudah memiliki kemampuan untuk mencari nafkah.

Tapi apakah Anda menginginkan anak-anak Anda memiliki hidup seperti Anda. Tentu orang tua yang memiliki pemikiran yang rasional akan menjawab tidak "saya ingin anak saya mendapatkan kehidupan lebih layak dari saya". Apakah mungkin anak Anda mendapat kehidupan yang layak jika hidup yang mereka lalui sama seperti Anda. Tentu saja tidak, maka untuk itu sebagai orang tua kita perlu memberikan pendidikan pada anak-anak kita pendidikan yang terbaik.

Pendidikan pada AnakPemerintah telah mengeluarkan kebijaksanaan dalam dunia pendidikan, yaitu 20% dari APBN dialokasikan untuk dunia pendidikan. Pendidikan gratis telah dijalankan mulai dari Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jadi tidak ada lagi alasan orang yang kurang mampu tidak menyekolahkan anak-anak mereka.

Mungkin bagi orang tua berpikir, kalau seperti itu berarti anak kami hanya bisa sekolah sampai tingkat SMP? karena kami tidak mampu lagi membiayai sekolah mereka. Perlu Anda ketahui bahwa siswa yang kurang mampu akan mendapatkan bantuan berupa beasiswa begitupun siswa yang berprestasi. Peluang beasiswa ini harus kita pergunakan dengan sebaik-baiknya agar bisa meringankan biaya sekolah anak-anak kita.

Untuk tingkat perguruan tinggi pun disediakan beasiswa yang jumlahnya bisa menutupi semua biaya kuliah anak-anak kita. Jadi yang harus kita lakukan sebagai orang tua adalah memberikan peluang bagi anak-anak kita untuk mengenyam pendidikan dan memberikan motivasi bagi mereka untuk berprestasi agar kelak bisa meraih beasiswa dan dapat menikmati pendidikan di bangku sekolah sampai perguruan tinggi.

Saya yakin dengan kerja keras dan do'a dari kedua orang tua seorang anak akan bisa berhasil karena do'a yang paling mujarab adalah do'a orang tua kepada anaknya. Maka berikanlah pendidikan pada anak kita pendidikan yang terbaik.

Ditulis Oleh : muhammad risal // 11:54 PM
Kategori:

 
Theme Design by Pendidikan Anak Artikel Bagus | Artikel Komputer | Biologi SMP | Obat Tradisional | Tips Perawatan
Lifestyle Blogs Bloggers - Meet Millions of Bloggers My Ping in TotalPing.com